Tips Memilih Roller Trainer Agar Tidak Salah Pilih

Tips Memilih Roller Trainer Agar Tidak Salah Pilih
Source: thez7
Gerakan tagar #dirumahaja saat ini semakin marak digalakkan. Hal ini karena pandemi Covid-19 yang semakin hari semakin parah, bahkan di Indonesia sendiri pasien positif Covid-19 saat ini sudah mencapai angka 9 ribu lebih. Oleh sebab itu pemerintah semakin gencar membuat aturan yang membuat kita harus tetap berada di rumah. Namun tetap di rumah tentu saja membuat kita menjadi bosan dan tida betah di rumah. Apalagi bagi anda yang memiliki hobi bersepeda setiap hari. Untuk itu anda harus mengetahui alat yang satu ini, roller trainer adalah solusi bagi anda yang ingin tetap bisa bersepeda tanpa harus keluar rumah.

Dengan menggunakan roller trainer kita masih bisa melakukan aktivitas olahraga bersepeda tanpa harus keluar rumah. Roller trainer sendiri pada awalnya adalah alat latihan bersepeda paling dasar untuk bisa melatih ketrampilan anda dalam bersepeda yang baik, namun karena adanya pandemi Covid-19 ini membuat roller trainer beralih fungsi sebagai alat bersepeda tanpa harus keluar rumah. Bagi anda yang ingin memiliki atau membeli roller trainer ini sebaiknya anda jangan asal pilih, berikut sudah saya berikan ulasan saya mengenai tips memilih roller trainer agar tidak salah pilih.

Tips Memilih Roller Trainer

Roller Trainer untuk sepeda ini memiliki beragam variasi. Dari beberapa roller trainer ini tentu saja memiliki kelebihan dan juga kekurangannya sendiri-sendir, untuk itu anda harus mengenal lebih dalam dari beberapa jenis roller trainer yang sudah saya tuliskan dibawah ini.

Magnetic Bicycle Trainers

Yang pertama adalah Magnetic Bicycle Trainers. Trainer ini memakai magnet sebagai resistancenya. Dengan menggunakan magnet tentu saja roller trainer yang satu ini bisa lebih smooth dan juga silent saat kita gunakan dalam kecepatan tinggi sekalipun. Selain itu ada juga beberapa seri dari trainer ini yang sudah memiliki fitur pengaturan hill atau juga flat sehingga anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan anda.

Namun kelemahan dari Magnetic Bicycle Trainers ini adalah dari daya tahan magnet yang tidak bisa tahan lama serta mudah jebol. Untuk itu anda harus memperhatikan kualtias dari magnet yang digunakan dalam trainer yang satu ini.

Wind Bicycle Trainers

Kemudian ada juga Wind Bicycle Trainers yang menggunakan kipas atau baling-baling sebagai resistance. Sayangnya trainer yang satu ini cukup berisik karena penggunaan baling-baling ini. Tingkat kebisingan atau noise dari roller trainer yang satu ini tentu saja tergantung dari ukuran kipas yang digunakan. Namun untuk model yang satu ini terbilang paling murah jika dibandingkan dengan Magnetic Bicycle Trainers. Selain itu perawatan dari trainer ini juga cukup mudah. Namun ya seperti yang saya bilang tadi, trainer yang satu ini cukup bising dan mengganggu jika digunakan dalam kecepatan tinggi.

Fluid Bicycle Trainer

Terakhir ada Fluid Bicycle Trainer yang juga merupakan roller trainer terbaik hingga saat ini. Roller trainer ini menggunakan cairan sebagai resistance sehingga anda akan mendapatkan feel atau pengalaman seperti sedang bersepeda di jalanan. Kelebihan lain dari roller trainer yang satu ini adalah silent dan juga smooth.

Semakin anda menambah kecepatan tentu saja resistance yang dihasilkan juga akan semakin bertambah seperti anda sedang bersepeda di jalanan. Namun kekurangan dari trainer yang satu ini adalah memiliki turbin yang gampang panas. Fluid Bicycle Trainer sendiri juga merupakan roller trainer yang paling mahal diantara roller trainer lainnya.

Nah dalam memilih roller trainer tentu saja anda harus mempertimbangkan dari segi keperluan, fitur dan juga harga. Silahkan anda pilih ketiga jenis roller trainer yang sudah saya tuliskan diatas, semoga bermanfaat.