Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Makanan Anjing yang Baik

Tips Memilih Makanan Anjing yang Baik

Anjing merupakan binatang yang sangat setia kepada majikannya. Karena hal itulah, banyak orang memeilihara anjing untuk menemani kehidupan mereka sekaligus menjadi penjaga tempat tinggalnya.

Banyak sekali orang yang amsih kebingungan dalam memilih dan menentukan produk makanan yang tepat untu anjing peliharaannya. Tidak jarang, sebagian pemilik anjing melakukan kesalahan ketika memilihkan makanan untuk hewan peliharaannya.

Daripada salah terus menerus dalam memilih, simak beberapa saran yang praktis berikut agar tidak salah memilih produk makanan untuk anjing peliharaan kesayangan Anda.

Tips Memilih Makanan Anjing yang Baik

1. Perhatikan Kandungan Bahan pada Makanan Anjing

Anda mungkin perlu mengidentifikasi beberapa aspek dan mencocokkannya dengan berbagai merek makanan anjing yang tersedia. Dengan begitu Anda akan menemukan produk makanan terbaik untuk anjing Anda.

Pilih makanan anjing yang memiliki setidaknya dua sumber daging. Selain itu, perhatikan juga kandungan sumber karbohidratnya. Biji-bijian dianggap merupakan sumber karbohidrat yang baik. Sebagaian orang berpendapat, biji-bijian akan menimbulkan masalah pada pencernaan anjing. Namun itu hanya terjadi pada anjing yang memiliki pencernaan sensitife. Bibi-bijian tetap dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh anjing.

Makanan anjing yang baik yaitu yang mampu memenuhi sebagian besar kebutuhan nutrisi anjing. Selain kecukupan nutrisi, makanan anjing terbaik tidak menggunakan pengawet buatan seperti BHT, Ethoxyquin, dan BHA yang bisa mempengaruhi rasa pada makanan. Produk dengan pengawet askorbat (ascorbate) atau tokoferol (tocopherol) lebih aman untuk dikonsumsi anjing Anda.

2. Ketahui Umur Anjing Anda Dahulu

Makanan yang diberikan perlu disesuaikan dengan umur anjing Anda. Setiap tahapan umur memerlukan jenis makanan yang berbeda karena kebutuhan gizi yang mereka butuhkan juga berbeda.

Puppy (Anak Anjing)

Makanan untuk puppy harus memiliki rasio protein dan lemak yang ideal. Hal ini diperlukan untuk membantu pertumbuhan anak anjing agar lebih cepat dan lebih sehat.

Anjing Dewasa

Anjing dewasa berusia antara 1-6 tahun. Saat memasuki tahap ini, kebutuhan protein dan lemak akan meningkat. Pilihlah makanan anjing yang kering untuk mencukupi kebutuhan anjing di usia ini.

Anjing Senior (Tua)

Pilihlah makanan anjing kering pada tahap usia ini. Kebutuhan protein dan lemak menjadi lebih sedikit dibandingkan anjing dewasa. Tetapi, akan lebih membutuhkan banyak serat untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

3. Memilih antara Makanan Anjing Basah, Kering, dan Mentah

Mungkin hal ini terdengar tidak begitu penting, namun alangkah baiknya Anda harus menentukannya untuk dikonsumsi anjing Anda.

Biasanya jenis makanan anjing kering memiliki harga yang paling terjangkau. Di dalam kandungannya pun terdapat protein yang sangat dibutuhkan tubuh anjing peliharaan Anda. Akan tetapi, agar nutrisi anjing tetap seimbang dan terjaga, perlu ditambahkan sedikit dengan makanan anjing basah dan mentah.

Pada makanan basah, biasanya rasio protein dan lemaknya tinggi. Biasanya jenis makanan ini juga mengandung sedikit bahan pengawet karena dikemas dengan kaleng. Sedangkan pada makanan mentah, biasanya dijual dalam kondisi beku. Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu sebelum diberikan kepada Anjing peliharaan Anda.

4. Ganti Makanan Anjing Anda dengan Hati-hati

Seiring bertambahnya usia, tentu jenis dan produk makanan anjing akan mengalami pergantian. Untuk itu, Anda harus bertahap dalam menerapkannya.

Metode yang dilakukan cukup mudah, Anda hanya perlu mencampur setengah bagian makanan lama dengan setengah bagian makanan yang baru. Beri waktu untuk anjing Anda dalam melakukan penyesuaian pergantian jenis makanan.

Dalam memberikan makanan anjing terbaik tidaklah harus mahal. Anda hanya perlu membandingkan kandungan dan ketersediaan antara satu merek dengan merek lainnya. Terdapat banyak pilihan makanan anjing yang bisa Anda temukan di Blibli, agar anjing peliharaan Anda bisa tumbuh dengan baik dan sehat.