Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilihan Oleh-Oleh Khas Arab Saudi

Pilihan Oleh-Oleh Khas Arab Saudi

Bagi jemaah yang berangkat untuk ibadah Umroh atau Haji ke arab Saudi, tentu sepulang dari tanah suci ingin membawakan oleh-oleh khas Arab Saudi untuk diberikan kepada keluarga tercinta dan kerabat di rumah.

Sebelum berangkat ke pusat perbelanjaan, ada baiknya mempersiapkan hal-hal yang diperlukan sebelum berbelanja di Arab Saudi, agar ketika berbelanja tidak membuang-buang waktu karena kebingungan akan belanja apa saja.

Selain itu, banyak juga para jemaah yang kebingungan bagaimana membawakan oleh-oleh dalam jumlah banyak dimana kapasitas untuk barang bawaan di pesawat sangatlah terbatas. Namun, hal tersebut kini sudah tidak menjadi mesalah lagi karena kini sudah ada jasa ekspedisi pengiriman barang dari arab saudi ke indonesia yang mudah dan cepat.

Kembali lagi soal pilihan oleh-oleh khas Arab Saudi. Kebanyakan orang selalu memilih kurma sebagai oleh-oleh, padahal masih banyak pilihan lainnya yang cocok untuk oleh-oleh agar semakin beragam buah tangan yang bisa diberikan untuk orang-orang tersayang di rumah.

Lalu, apa saja sih oleh-oleh khas Arab yang cocok dijadikan oleh-oleh? Simak yuk!

Pilihan Oleh-Oleh Khas Arab Saudi

1. Sajadah

Perangkat alat sholat ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh sepulang dari Arab. Anda bisa mendapatkan sajadah dengan motif unik dan menarik kahas Arab Saudi di sekitar Mekah dan Madinah.

Pembuatan sajadah yang dijual disana kebayakan berasal dari Saudi Arabia, Turki, hingga Tiongkok. Material yang digunakan pun lebih tebal dan tahan lama membuat barang ini diburu jamaah haji sebagai oleh-oleh khas Arab. Pilihan harga serta bahannya pun bisa dicocokkan dengan anggaran Anda.

2. Kosmetik

Jangan samakan jenis alat rias dan kosmetik dari Saudi Arabia dengan produk yang sering Anda lihat di Indonesia. Alat kosmetik seperti parfum, lipstik hare, kuteks, dan celak mata yang dijadikan sebagai oleh oleh khas Arab ini digemari kaum Hawa karena sangat mudah untuk diaplikasikan. Harganya yang ditawarkan pun sangat terjangkau.

Selain itu, Anda tak perlu mengkhawatirkan soal bahan-bahan yang dipaka. Sebagian besar alat rias di Saudi Arabia terbikin dari bahan halal dan terjamin kualitasnya.

3. Kacang Arab

Untuk menemukan camilan yang satu ini cukup mudah, karena biasanya sudah dibuat satu paket dengan kurma dan air zam-zam. Kacang yang dikenal dengan nama chickpea ini tak sekeras kacang-kacang lain, saehingga banyak sekali orang yang mengonsumsi kacang Arab sebagai camilan.

4. Kacang almond

Kacang merupakan salah satu komoditas utama di Timur Tengah. Selain menjadi bahan utama dalam sebagian besar makanan di sana, kacang ini harganya juga sangat ramah dikantong. Tak jarang, para jemaah memborongnya sebagai oleh-oleh.

Almond sendiri merupakan salah satu jenis kacang selain chickpea yang bisa Anda kemas sebagai oleh oleh khas Arab. Penjual almond dapat Anda temukan di sekitar Masjidil Haram dan Masjidil Nabawi. Para jamaah bisa membeli kacang almond yang sudah dikupas maupun yang belum.

5. Lokum

Salah satu makanan manisan yang cocok untuk dijasikan oleh-oleh khas Arab Saudi adalah lokum. Pasalnya, penganan ini menawarkan rasa yang beragam dan bentuknya yang unik.

Makanan ini berbahan dari gula dan gel pati sebagai bahan-bahan utamanya. Ada juga lokum yang memanfaatkan bahan tambahan lain seperti pistachio, kurma, walnut,hingga hazelnut.

Nah, itulah beberapa Pilihan Oleh-Oleh Khas Arab Saudi. Selamat berbelanja!